Selamat Datang

Kamis, 02 September 2010

ROMADHON BULAN JIHAD AKBAR


DEFINSI
 RAMADHAN :
Secara bahasa, dalam kamus bahasa Arab Al Munawwir, kata Ramadhan berasal dari bahasa Arab al-Ramadh yang artinya “panas batu akibat sinar matahari”. Ada juga yang mengatakan, Ramadhan diambil dari akar kata ramidha yang berarti “keringnya mulut akibat haus dan dahaga” (Yusuf Burhanudin, 2007: 03).

Dalam penjelasan yang lain dalam kamus Al-munawwir, bahwa kata ramadhan itu sebutkan oleh orang arab karena pada bulan kesembilan ini adalah bulan yang sangat panas, kering. Makanya mereka lebih suka menyebut bulan kesembilana dalam nama-nama bulan hijriah adalah bulan Ramadhan.

 PUASA :
Secara bahasa sahum atau shiam berasala dari akar kata yang sama yaitu shawama yang mengandung makna “menahan” dan “berhenti atau “tidak bergerak”.

Adapun di dalam Al-Quran ada 2 kata, yaitu Shiyam dan Shaum:
SHAUM di dalam Al-Quran berarti menahan diri untuk tidak bicara,
“Inni nazartu lirrahmanish shauman falan ukallimal yauma insiyaa.”
Aku bernazar puasa (menahan diri), karena aku menahan diri, maka aku menahan diri tidak mau berbicara kepada seorang manusia pun. (QS Maryam 19: 26).
SHIYAM di dalam Al-Quran berarti menahan diri dari dorongan nafsu makan, minum dan hal-hal yang buruk menurut Allah.
kutiba alaykumush shiyam (al-baqrah 185)

 JIHAD :
Jumhur ‘Ulama mendefinisikan bahwa jihad bersal dari akar kata jaahada, yujaahidu, jihaadan, au mujaahadah. yang berarti kemampuan dan kesukaran. Secara terminologi dapat di fahami bahwa apabila seseorang menguras kesanggupan dan mengerahkan segenap kemampuannya serta menanggung segala kesukaran dalam rangka memerangi musuh dan mengenyahkannya, msks itu adalah jihad.

Memahami realitas jihad maka dapat di ketahui bahwa obyek jihad setidaknya adalah
1. Jihad melawan musuh yang nyata (orang kafir)
2. Jihad melawan syetan
3. Jihad melawan hawa nafsu

Maka realitas jihad yang dimaksut di bulan ramadhan adalah jihad melawan hawa nafsu secara eksternal maupun internal.
Adapaun macam-macam jihad ulama membagi jihad pada 3 macam, berdasarkan kandungan Al-quran surah al-hajj :78, at-taubah :41, al-anfal :72. :

• Jihad bil kuwah Fisabilillah (berperang)
• Jihad bil ‘ilm (menuntut ilmu dan berda’wah dijalan Alah SWT dengan baik, benar dan sungguh)
• Jihad bil Mal (mendermakan harta untuk membela agama Allah miden perang melawan orang kafir).

Maka jihad yang dimaksut dalam bulan Ramadhan ini adalah jihad melawan segala macam kehendak hawa nafsu. Sebagai mana yang telah di sinyalir oelh Rasulullah setelah usai dari perang bedar beluai bersabda “bahwa kita kaum muslimin setelah ini akan menghadapi perang yang lebih besar lagi yaitu perang melawan hawa nafsu.”

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008